Cara Flash HP, Bypass FRP, Reset Akun dan Info Android

Jalur Mic Samsung C3322, Lengkap Dengan Skema

Sharing kali ini sederhana saja, HPnya juga sederhana dan simple yaitu Samsung C3322. Samsung ini cukup laku di pasaran sebab sudah support MP3 dan dual SIM, kelebihan lainnya ialah baterainya yang awet, dapat tahan hingga 4 hari bahkan seminggu.

Kasus yang aku temukan kali ini ialah kasus mic Samsung C3322 tidak berfungsi. Kalau ditelpon...orang seberang tidak akan dapat mendengar bunyi dari HP ini. 

Kasus ini cukup biasa dan sering ditemukan, yang agak Istimewa ialah mic Samsung C3322 memakai mic digital, bukan mic biasa yang 2 kabel itu menyerupai HP pada umumnya. Proses penggantiannya ga jauh berbeda dengan mic 2 kabel. Mic digital bersama-sama hanya memakai 3 pin, yaitu Power, Ground dan Output.
 HPnya juga sederhana dan simple yaitu Samsung C Jalur Mic Samsung C3322, Lengkap dengan Skema

Percobaan pertama penggantian mic Samsung C3322 kali ini gagal, entah kenapa...perasaan solderan sudah manis dan mantap, tetapi pas ditest telepon ke nomor lain, tetap tidak ada bunyi di hp seberang. Test dengan memakai perekam bunyi di Aplikasi Samsung C3322 juga tidak ada suara.

Memang sih aku memakai mic copotan, tapi biasanya malah lebih manis mic copotan. Sebelum mengganti mic yang kedua, aku check jalur mic samsung C3322 terlebih dahulu dengan memakai multitester. 

Untuk membantu kita menemukan jalur mic C3322, gunakan denah samsung c3322. Skema juga diperlukan untuk troubleshooting yang lain, contohnya kasus samsung c3322 ga dapat cas, jalur casan putus, jalur on off c3322 putus, kasus lcd blank putih dan kasus lainnya. Yang butuh silakan download:

Point yang perlu kita ukur ialah kaki-kaki pin mic pada PCB, kelihatan ada 5 pin tetapi hanya 3 pin pecahan atas yang akan kita ukur. Dua pin di pecahan bawah ialah GND.

 HPnya juga sederhana dan simple yaitu Samsung C Jalur Mic Samsung C3322, Lengkap dengan Skema

Hasil pengukuran mengatakan jalur normal dan bagus. Mungkin mic pertama tadi yang kurang bagus. Lalu aku mencari mic copotan lagi (dari flexible bekas gantian Samsung I8262). Setelah dipasang dan ditest, ternyata alhasil bagus. Suara jernih muncul di ujung hp seberang dikala ditest. 

Oh ya, ada banyak yang share bagaimana cara mengganti mic digital dengan mic kabel biasa dengan pertolongan 1 buah resistor saja. Boleh-boleh saja bila memang tidak ada suku cadang yang cocok, terutama teknisi kampungan menyerupai aku ini yang kadang susah mencari suku cadang di toko terdekat. Lihat gambar berikut untuk jumper mic samsung c3322.

Namun, berdasarkan aku alhasil kurang maksimal. Suara yang dihasilkan menjadi kurang jernih dan kurang kencang. Oleh sebab itu, aku langsung lebih bahagia menggantinya dengan mic yang original saja. Proses penggantian lebih cepat dan hasil lebih bagus.

Semoga sharing kali ini bermanfaat. Terima kasih.
Tag : Cara Flash
0 Komentar untuk "Jalur Mic Samsung C3322, Lengkap Dengan Skema"

Back To Top